Selasa, 21 Juni 2011

Sebulan sudah,,,

ya,, sesuai judul postingan saya saat ini,,, sebulan sudah jagoanku yang berumur 22bulan melancarkan GTM-nya (Gerakan Tutup Mulut) alias ga mau makan,, susah sekali untuk membuka mulutnya tuk makan,, sebulan sudah kepusingan dan kekuatiran kondisi anakku yang susah makan.. sebenarnya gini ceritanya..

pada dasarnya anakku memang anak yang ga hobi makan,, tapi begitu dia lapar ya mau makan juga, minta asi nya juga sering banget (masih asiholic) .. kurleb sebulan yang lalu anakku kena diare, diawali dengan muntah-muntah ,, inget banget saat minggu pagi yang cerah, sebenernya waktu itu Daffa (anakku) lumayan banyak makan,pagi-pagi sudah mau makan risoles saat saya tawarin, eh tiba-tiba setelah makan Daffa muntah,, 1x,, saya udah warning nih, walau tidak panik, lebih tepatnya berusaha tidak panik, tapi ko feeling Daffa jangan-jangan gasteroentitis nih,, nah setelah itu Daffa saya tawarin makaroni keju, favoritnya waktu itu,, karena sekarang sama sekali ga mau makan itu :( ,, eh eh eh setelah makan muntah lagi,, saya buka buku paririmbon  kesehatan anak saya *read Q&A Smart Parent For Healthy Children ,, saya in take cairan yang banyak, minum dan asi, tetep muntah,,, walhasil 5x muntah dalam waktu 3jam-an lah,, setelah dikasih oralit baru muntah itu hilang,, dan minggu yang menegangkan pun berlalu,, Daffa masih mau makan kaya biasa. besoknya si diare datang, ini pertama kalinya tuk kita (dan jangan lagi deh) ,, tuk Daffa dan tuk emaknya pertama kali mengalami anaknya diare.

si diare berlangsung seminggu,, Alhamdulillah berhasil HomeTreatment,, tanpa obat dan hal-hal berlebih, tetap rasional (walau degdeg an nih..) hanya asi n oralit. Daffa lidahnya sangat peka dan langsung bereaksi ga mau klo ada rasa-rasa asing dimulutnya, oralit pun susah banget masuknya, diakalin dengan dibikin es, malah diacak-acaknya aja, padahal kan rasa jeruk ga parah-parah bgt lah y,, enak menurutku, tapi Daffa ga mau, untung dengan porsi satu sendok oralit (yang sudah diseduh) dengan satu gelas air mau dia, pokonya rasa oralitnya sangat-sangat samar deh. saat sakit jadwal makannya pun masih jadi belepotan, gpp asal makan dan ada yang masuk, namanya juga lagi sakit, orang gede aja lagi sakit ya males makan, apalagi anak kecil.

nah itu kejadia sebulan yang lalu, saya berharap setelah sembuh bisa giat lagi naikin bb Daffa yang kecil,, ternyata eh ternyata,,, makin ga mau makan,, kadang seharian hanya asi dan cemilan yang jumlahnya sangat-sangat sedikit,, ini GTM terparah dan terlama,, saya ga maksa Daffa tuk makan sampai yang dipegang mulutnya dll, karena menurutku itu ga baik jg pada akhirnya dan Daffa anaknya ga bisa dipaksa hehe. nah sekarang klo pun makan porsinya sangat sedikit, dibanding dulu dan dengan jadwal makan yang tidak teratur lagi. saya selalu tawarin makan terus, sedikit tapi sering kan juga gpp y,, nah klo masuk,, ini anaknya ga mau :(( ,,, sudah ganti-ganti menu, ganti suasana (makan sambil jalan-jalan) yang ada malah mainnya makannya lupa deh dia, ganti tempat makan, bentuk makanan yang lucu-lucu... kadang mau itu pun hanya sedikit,, selebihnya emaknya deh yang ngabisin,,, duh sebulan sudah berpusing-pusing ria dengan GTM ini, nah saat kaya sekarang ini minta asi nya memang makin sering, tapi feeling ku sih ya.. klo dari asi aja tuk umur Daffa yang 22bulan tidak cukup dari sisi kualitas dan kuantitas. tapi sejauh ini si ga ada masalah dengan aktifitas nya, masih aktif banget dan makin lancar berbicara,, ya cuman makannya saja yang bikin emaknya bingung.

Minggu ini saya ada rencana konsultasi sama DSA nya Daffa, semoga semuanya berjalan lancar dan Daffa tidak ada masalah apa-apa,, ya sebagai ibu pasti ingin yang terbaik dan mengusahakan yang terbaik tuk anak kaan.....   nanti insyaAllah saya share lagi setelah Daffa ke dokter y,,,

makasih temen-temen yang udah berkenan baca postingan ini,, share jg ya pengalamannya buat bunda-bunda hebat yang punya anak susah makan,,, memang hampir semua bunda kayanya pernah mengalami, cuma levelnya aja berbeda y,, :) ,, buat yang belum punya anak juga gpp,, buat pengetahuan nanti pas punya anak ;)

1 komentar: